Lomba Menulis Cerpen Misteri Lagu Kenangan

Ilustrasi/Ist

Suka curhat atau mencurahkan isi hati? Curhat identik dengan keluh-kesah. Banyak yang menilai curhat hanya milik orang-orang cengeng. Padahal sejatinya curhat dapat menjadi sarana untuk melepas beban dalam hati atau katarsis sehingga menyehatkan jiwa.

Dalam keseharian kita mungkin pernah mengalami kondisi yang begitu menekan saat mendengar sebuah lagu. Entah lirik atau musiknya yang menghanyutkan hingga membawa kita pada kenangan. Mungkin soal cinta yang belum usai, rindu pada orang terkasih, atau sesal pada diri yang belum sempurna, yang belum mampu mewujudkan suatu keinginan.

Nah, silakan tulis cerita dalam bentuk curhat (bahasa liris) dengan menggunakan “aku/saya” – kata ganti orang pertama tunggal - sebagai tokoh utama.

Cerita boleh dialami sendiri atau cerita orang lain. Jika cerita orang lain, di akhir tulis diberi keterangan (catatan kaki) “Seperti dikisahkan (sebutkan nama dan tempat tinggalnya). Contoh: Seperti dikisahkan Niken di Jakarta.

Penilaian akan diutamakan pada keindahan bahasa, kedalaman cerita dan kesesuaian tema.

Syarat dan Ketentuan

Lomba terbuka untuk umum.

Panjang tulisan minimal 750 kata dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Penggunaan bahasa asing atau daerah secara proporsional.

Cerita asli (bukan saduran), belum pernah dipublikasi (termasuk buku, blog), dan tidak sedang diikutkan dalam lomba di tempat lain.

Sebutkan judul dan pencipta lagu yang menjadi latar di dalam cerita. Jika lagu daerah boleh hanya menyebut asal daerah atau penyanyi yang mempopulerkan.

Sertakan satu foto ilustrasi dan sebutkan sumbernya jika mengambil dari internet.

Tulis hashtag lagu kenangan (#lagukenangan) di akhir tulisan.  

Karya lomba diposting di platform risalahmisteri.com dengan kategori Catatan Kelam mulai 15 Juli – 1 Agustus 2021

Peserta boleh mengikutkan lebih dari satu, maksimal tiga karya.

Peserta diimbau membagikan pengumuman ini di dinding akun sosial medianya dengan mode publik.

Keputusan juri final dan mengikat.

Hadiah

 Juara I Rp 250.000

 Juara II Rp 200.000

 Juara III Rp 150.000

Karya yang mendapat view tertinggi (minimal 250 view) sampai dengan penutupan lomba, berhak mendapat hadiah sebesar Rp 100.000

Selamat berkarya. Cintai dan lestarikan budaya sendiri.

Jangan pernah lelah untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun kita berada.