Sinopsis

Buku 1 Kisah Air & Api ini bertutur tentang sebuah kisah cinta yang sangat rumit antara dua anak manusia yang digambarkan sebagai air dan api.  Dilatar belakangi oleh perjalanan sejarah Majapahit, Blambangan dan Galuh Pakuan.  Dipadukan dengan cerita silat tempo dulu yang mengembalikan ingatan kuat tentang orisinilitas dari sebuah warisan kuno budaya tradisional di pulau Jawa Dwipa.

Kebenaran dan kejahatan adalah putih dan hitam.  Namun ada juga beberapa penggal abu-abu yang seringkali tidak memihak kepada siapapun tapi bisa membelokkan sejarah dan nasib.  Tokoh-tokoh yang berkeliaran di dalam novel ini sebagian besar adalah fiksi.  Namun cukup kuat untuk menggambarkan bahwa cinta, kasih, benci, rindu, dendam, amarah dan khianat adalah benar-benar benda purba yang selalu merayapi hati manusia setiap harinya. 

Arya Dahana dan Dewi Mulia Ratri adalah gambaran dari tokoh-tokoh sentral yang menguasai nafas novel ini.  Menghembusi setiap halamannya dengan petualangan, kesakitan, kasih sayang dan ilmu kesaktian yang tidak pernah ada habisnya. 

Dyah Puspita, Andika Sinatria adalah bayangan dari dewa dewi yang membuktikan tentang kemurnian itu memang ada.  Kemurnian yang melahirkan pengorbanan, menumpahkan darah, mengalirkan air mata.  Pengorbanan, darah, dan air mata  yang menjadi bukti bahwa keindahan itu tidak selalu harus hadir dengan tawa dan mesra.

Arawinda, Ayu Wulan, Putri Anjani, Pangeran Bunga, Pendekar Pelajar adalah bagian dari perjalanan yang harus ditempuh.  Ada wangi bunga di sana, ada manisnya madu di sana, ada pahitnya buah maja di sana.  Semua rasa itu berpadu menjadi sebuah perhentian yang tidak pernah untuk berhenti.  Menjadi sebuah pelabuhan yang tidak pernah untuk berlabuh.  Menjadi sebuah tarian indah yang tak pernah ditarikan.  Menjadi sebuah kidung cantik yang tak pernah dinyanyikan.

Kisah cinta para tokohnya dalam buku 1 ini sudah mulai menemukan kerumitannya karena tidak ada yang berani mengakui bahwa dia cinta meskipun sebenarnya cinta.  Keangkuhan dan harga diri menjadi perhiasan hati yang dibanggakan.  Rasa kagum dan iba juga menjadikan tikungan-tikungan dalam cerita menjadi lebih tajam dan membahayakan.

Perebutan kuasa, kitab sakti dan ilmu yang tak terbayangkan membuat serial pertama ini menjadi penuh kengerian dan rasa takjub.  Perang Blambangan adalah bumbu cerita utama dari sejarah yang ada namun kini ditulis balik bukan oleh pemenang. 

CHAPTER
  1. Bab I
  2. Bab II
  3. Bab III
  4. Bab IV
  5. Bab V
  6. Bab VI
  7. Bab VII
  8. Bab VIII
  9. Bab IX
  10. Bab X
  11. Bab XI
  12. Bab XII
  13. Bab XIII
  14. Bab XIV
  15. Bab XV
  16. Bab XVI
  17. Bab XVII-Tamat