Quisioner Kamu Mudah Digendam?

Sumber Gambar: News Jatim

Jika bicara tentang gendam pasti kita berfikir bahwa hal ini sama dengan hipnotis. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa dua hal tersebut sangatlah berbeda sekali. Gendam sendiri bermaksud tidak baik atau mencelakai orang dengan memanfaatkan ketidakberdayaan seseorang di bawah ilmu hipnotis. Sedangkan hipnotis sendiri dilakukan oleh kesadaran seseorang. Maksudnya dengan meminta izin terhadap orang yang hendak dihipnotis.

Jika melihat besarnya angka ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) bisa dipastikan mereka telah melewati fase depresi yang berkepanjangan. Maka dari itu hipnotis atau lebih dikenal dengan hipnoterapi adalah cara seseorang membantu orang lain untuk keluar dari permasalahan yang mendera. Menaklukkan fobia, membantu mengatasi depresi, dan gangguan susah tidur.

Pada study kasus di lapangan sering kita jumpai seseorang yang tiba-tiba menjerit dan menangis karena tak sadar barang berharga yang melekat dalam dirinya hilang sekejap. Mereka yang kehilangan merasakan sadar ketika lawan bicaranya telah pergi. Namun, tahukan kamu jika ilmu gendam sendiri dilakukan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, untuk melumpuhkan korbannya. Ada juga yang sudah diajak berbicara panjang elebar sampai beradu argumen tetap saja korban tidak mempan dengan ilmu gendam yang dilancarkan oleh pelaku gendam. Maka kalian termasuk tipe yang seperti apa?

Untuk itu penulis mencoba memberi quisioner yang dihimpun dari banyak sumber, untuk sahabat rismis semuanya.

Jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan memberi nilai 1 untuk jawaban iya, dan 0 untuk jawaban tidak. Lalu kalian jumlahkan, lihat hasil akhir

 

1. Apakah ketika kamu melihat suatu gambar dengan visualisasi tertentu lantas kamu ikut merasakan?

2. Apakah kamu merasakan sesuatu terhadap dirimu ketika melihat gambar atau tampilan gerak yang menggambarkan sesuatu dan ikut merasakannya pula. Contoh: iklan minuman bersoda yang melegakan tenggorokan, dan kamu ikut merasakan kesegaran?

3. Apakah kamu sering merasakan dejavu--sesuatu yang belum kamu lakukan, tetapi kamu merasakan pernah melakukan hal tersebut?

4. Apakah kamu tipikal orang yang sering membangun kenangan masa lalu?

5. Apakah kamu tipe orang yang mudah terhanyut perasaan ketika membaca buku atau melihat film?

6. Jika kamu berhadapan dengan seseorang apakah sering menebak apa yang hendak ia bicarakan padamu, dan benar?

7. Apakah kamu tipe orang yang suka melihat langit bergerak?

8. Apakah kamu suka memikirkan sesuatu secara mendalam dan didukung suasana yang mendukung keadaanmu?

9. Apakah kamu tipe orang yang bisa mengingat kenangan dengan hanya mencium bau?

10. Apakah kamu tipe orang yang suka berpikir dengan menggambarkan sesuatu dari pada menuliskan sesuatu?

Nah inilah serangkaian pertanyaan yang mungkin menentukan kalian tipe seperti apa? Jangan terlalu dibawa perasaan karena ini merupakan quisioner yang bisa saja salah jika tidak sesuai dan bisa benar jika kalian mengiyakannya.

Nilai:

1. Nilai 1-2 : Kamu orang yang tidak mudah terhipnotis atau justru mengalami masalah respon ketika tersugesti kala dihipnotis.

2. Nilai 3-7 : Kamu orang yang tidak mudah dihipnotis, tetapi kemungkinan merespon sugesti ketika hipnotis tersebut berulang-ulang ada kemungkinan besar kamu bisa terhipnotis. Jadi disarankan tetap fokus ketika merasa sesuatu yang bersebrangan dengan kata hatimu.

3. Nilai 8-10 : Bisa jadi kamu tipe orang mudah terhipnotis. Akan tetapi, fokus yang kuat membuat benteng diri kamu terhindar dari pelaku hipnotis nakal (gendam). Sebab besar kecilnya seseorang mudah terhipnotis tergantung beberapa faktor, seperti keadaan fisik apakah dalam keadaan sehat atau kurang sehat, faktor lingkungan yang mendukung, juga terhadap lawan bicara yang menghipnotis kamu. Apakah kamu mau menerima ataukah tidak.

Begitulah quisioner yang penulis buat sebagai bahan acuan untuk kita lebih waspada terhadap sesuatu di luar sana.