Viral Mitos Pohon Muka Sarang Kuyang, Mistis atau Fenomena Biasa?

Foto: detik.com dan TikTok

Sekitar dua minggu yang lalu atau tepatnya pada hari Kamis, (12/11/2020), akun TikTok @mputri_ zahro membagikan video mitos pohon bergambar muka berlokasi di sebuah hutan yang berada di Medan, atau tepatnya berada di Labuhanbatu Selatan, Kota Pinang, Sumatera Utara, yang kemudian menjadi viral.

Tak tanggung-tanggung, video tersebut view sebanyak sebanyak 10,5 juta tayangan, 675,6 ribu like serta 9.003 komentar. Sebuah pencapaian luar biasa yang sekaligus membuktikan betapa besarnya animo masyarakat dengan hal-hal terkait dunia gaib dan misteri.

Setidaknya ada 3 alasan yang dirasa memicu viralnya video tersebut:

Pertama, Keunikan pohon tersebut yang memiliki gambar muka –dan atau serupa gambar muka- pada batangnya.

Kedua, pohon bergambar muka tersebut memiliki penampakan yang berbeda saat dilihat dari sudut yang berbeda. Bila dilihat dari atas memiliki penampakan kembar tiga dalam satu pohon sementara jika dipandang dari samping anehnya justru hanya seperti kembar dua.

Ketiga, jalan yang dilalui oleh akun TikTok penyebar pertama tersebut saat melakukan liputan videonya memang terkesan angker dan menakutkan.

Berdasarkan ketiga alasan tersebut saja bukan sesuatu yang amat menherankan bila kemudian video tersebut menjadi viral, belum lagi ditambah dengan kisah mistis yang menyertainya seperti kabar yang mengatakan bahwa saat jam 12 malam ada Kuyang yang berada di sana.

Fenomena di atas mengingatkan penulis pada peristiwa viral lainnya yang cukup banyak terjadi seperti mengenai ditemukannya seekor ikan dengan wajah yang diduga mirip manusia, pola gambar mirip Yesus di Gereja serta banyak lagi yang lainnya.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, benarkah semua itu berkaitan dengan peristiwa mistis, atau sebenarnya tak lebih hanya fenomena biasa yang bisa dibuktikan oleh ilmu pengetahuan?

Meski kental bertabur mistis, namun dua peristiwa di atas sepertinya lebih mengarah ke fenomena biasa, yang dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan.

Setidaknya, ada dua pendapat yang coba menjabarkan peristiwa ganjil di atas secara ilmiah.

Yang pertama, manusia memang memiliki kecenderungan untuk mengaitkan sesuatu dengan hewan atau benda mati yang disebut sebagai antropomorfisme.

Kedua, fenomena penampakan wajah manusia dalam benda atau makhluk lain disebut pareidolia, yaitu fenomena psikologi ini membuat otak menginterpretasikan penampakan benda-benda dengan komposisi tertentu jadi terlihat seperti wajah manusia. Penjelasan lebih lanjut seperti yang dipaparkan Professor Kang Lee dari University of Toronto berikut:

"Temuan kami menunjukan bahwa sangat umum orang-orang melihat hal tersebut, karena otak manusia terhubung secara unik untuk mengenali wajah, sehingga walaupun hanya ada sedikit petunjuk tentang fitur wajah (dari objek yang dilihat), otak secara otomatis menafsirkannya sebagai wajah."

Lantas, bagaimana dengan penampakan Kuyang yang dikabarkan muncul setiap jam 12 malam?

Ada dua duga yang penulis punya mengenai hal itu.

Pertama, hal itu hanya kembangan lanjutan dari kekeliruan sugesti awal mengenai gambar mirip wajah di batang pohon yang dianggap sebagai sebuah keganjilan, hingga akhirnya menimbulkan persepsi ganjil lainnya sebagai lanjutan.

Kedua, bisa jadi hal itu benar-benar ada dan terjadi, terutama bila ternyata lokasi tempat pohon itu tumbuh memang memiliki energi yang ideal hingga menarik makhluk gaib untuk singgah dan atau menetap di sana. Meski tentu saja duga kedua ini masih butuh penelitian lebih lanjut, setidaknya oleh orang-orang yang memang ahli di bidang tersebut. Wallahu a’lam.