Cerita Misteri- Feature Film Kriteria Drama Pilihan di Negara Eropa

Ilustrasi gambar dari google

Kisah Misteri Feature film merupakan film cerita utama atau film panjang berdurasi cukup panjang untuk diputar sebagai film utama atau satu-satunya film pada sebuah acara pemutaran film menjadi cerita misteri yang perlu kita ketahui.

 

Mengenai Sejarah Misteri, Feature Film atau film cerita dipakai untuk film utama yang diputar di sebuah bioskop, atau film yang dipromosikan atau diiklankan oleh bioskop tersebut. Istilah film utama dipakai untuk membedakannya dari film-film pendek (short film) yang diputar sebelum pemutaran film utama.

 

Film-film pendek tersebut berupa film berita, film seri, animasi kartun, komedi aksi, dan film dokumenter. Film utama adalah hasil karya sutradara/aktor ternama dan panjangnya lebih dari satu rol film. Bertambah panjangnya durasi film "utama" dari era film tahun 1910-an hingga sesuai dengan kriteria zaman sekarang untuk film cerita, tidak berlangsung secara mendadak, melainkan bertambah secara bertahap, dari dua rol menjadi tiga sampai empat rol. Kriteria panjang minimum sebuah film cerita berbeda-beda menurut era dan lembaga yang menetapkannya.

 

Berikut adalah film cerita drama pertama yang memenuhi kriteria durasi film cerita pertama;

 

Film cerita pertama berjudul The Story of the Kelly Gang pada tahun 1906 produksi Australia yang panjangnya 70 menit. Film yang bercerita tentang melacak eksploitasi bush ranger abad ke-19 dan melarang Ned Kelly dan gengnya. Film ini disutradarai oleh Charles Tait dan mengambil gambar di dalam dan sekitar kota Melbourne.

Film cerita pertama berjudul L'enfant Prodigue pada tahun 1907 produksi Prancis. Film ini bercerita tentang Tokoh Lia (soprano) yang menyesali ketidakhadiran Azael (tenor), putranya yang hilang terbuang setelah meninggalkan rumahnya untuk mengejar kesenangan dunia.

Film cerita pertama produksi Rusia adalah Defence of Sevastopol pada tahun 1911. Film ini bercerita tentang Pengepungan Sevastopol selama perang krimea dan salah satu film terpenting dalam sejarah bioskop dan bioskop Rusia pada umumnya. Ini adalah dibuat diKekaisara Rusia dan perdana di Istana Livadia dari Tsar Nicolas 11.

Fillm pertama produksi Britania Raya yang memenuhi kriteria panjang film cerita adalah sebuah film dokumenter berjudul With Our King dan Queen Through India (1912), film ini merekam perayaan 12 Desember 1911 di India yang menandai penobatan George V dan Mary Of Teck dan Proklamasi mereka sebagai kaisar dan permaisuru India.

Itulah sejarah feature film dan film cerita pertama di Negara Eropa. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai Feature film.

***

Pemalang, 15 November 2020