Pulung Gantung

senyum

Pulung Gantung adalah sosok mitos atau sebuah legenda mistis yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat Kabupaten Gunungkidul yang merupakan penyebab mati/tewasnya orang masyarakat Gunung kidul. Pulung Gantung adalah sosok benda misterius yang berbentuk bola api yang berpijar berwarna merah menyala serta memiliki ekor. Apabila pulung gantung ini terlihat melayang dan hinggang di sebuah rumah warga maka dapat disimpulkan bahwa salah seorang penghuni rumah tersebut dalam waktu dekat pasti aka nada yang mati dengan cara menggantung diri. Disebut Pulung Gantung karna orang yang mati/tewas adalah dengan cara menggantung diri. Salah satu hal yang pasti adalah jika ada penampakan pulung gantung ini menjadi pertanda kuat bahwa aka nada orang/warga setempat yang akan mati dengan cara menggantung diri.

 

Asal usul legenda Pulung Gantung

Menurut sesepuh yang tinggal didekat komplek pemakamanraja-araja Mataram, dahulu saat terjadi perkelahian antara Majapahit dan Demak, para prajurit dan juga rakyat yang selalu setia terhadap Raja Brawijaya ke V melarikan dirinya kearah Gunungkidul karena mengganggap lokasi tersebut sangat jauh, terpencil, dan juga sangat sulit untuk dijangkau.

Sang raja yang memiliki ilmu tinggi memutuskan untuk bersemedi serta melakukan muksa atau menghilang bersama raganya untuk menghadap yang maha kuasa. Tragis para pengikut yang gagal mengikuti raja karna kurangnya ilmu kesaktian akhirnya mereka berubah menjadi jenglot, ada juga yang frustasi dan akhirnya bunuh diri dengan menggantung diri.

Mungkin itu adalah salah satu penyebab mengapa adanya pulung gantung didaerah gunungkidul hingga saat itu karna adanya roh atau makhluk halus dari sejarah masa lalu yang masih bergentayangan sampai saat ini sehingga mengajak generasi berikutnya yang kurang pengetahuan baik ilmu akhirat/agama, medis, maupun ilmu dunia lain sehingga mereka dengan mudahnya dipengaruhi oleh makhluk gaib untuk berbuat/mengakhiri hidup sesuai kehendak makhluk jahat tersebut.