Pemenang Lomba Cerita Misteri di Website

Ilustrasi/Ist

Jangan buru-buru menyudahi cerita. Baca kembali sebelum posting. Ingat, ini lomba, tidak cukup hanya cerita yang bagus. Sebab saat dinilai akan dihadapkan pada cerita-cerita lain yang juga bagus sehingga akan dicari sisi kelebihan dan kekurangannya.

Ada banyak cerita bagus yang akhirnya terpental karena hal-hal yang remeh semisal typo, salah dalam penggunaan ‘di’ dan ‘ke’ sebagai kata kerja dan kata penunjuk, sampai pada logika bercerita (ingat, logika cerita bukan logika peristiwa/kejadian dalam cerita).

Contoh, seseorang diceritakan dikurung dalam rumah, tidak boleh keluar, tapi tiba-tiba kenal semua orang, bahkan tahu konflik di rumah tetangganya. Logika ceritanya tidak masuk. Beda hal jika si tokoh digambarkan memiliki ilmu linuwih, ilmu bisa mendengar atau mengetahui sesuatu dari jarak jauh atau secara kebatinan.

Contoh lain, si tokoh berobat ke dokter dan disarankan untuk operasi. Karena kurang percaya, besoknya si tokoh periksa ke dokter lain. Upaya mencari second opinion di sini sudah bagus. Menjadi tidak logis ketika dokter di tempat baru mengatakan, “bukankah sudah ada jadwal operasi”.

Padahal tidak ada petunjuk atau clue kalau dokter kedua ini punya ilmu kebatinan yang bisa melihat peristiwa sebelumnya, atau secarik kertas yang menerangkan jadwal  operasi, atau si tokoh bercerita duluan sebelum si dokter di tempat baru bertanya.

Hal ini bisa terjadi karena cerita tidak dibaca kembali sebelum posting. Bisa juga karena kurang riset atau buru-buru. Atau tidak menyadari bahwa karyanya hendak diikutkan lomba yang pastinya akan dibaca dengan lebih teliti oleh juri dan peserta lain.

Mari kita lihat contoh peristiwa dalam cerita yang tidak masuk logika namun logis secara cerita dalam “Pinangan di Chai Wan Park”.

Peristiwa atau kejadian transfer yang diterima tokoh perempuan tidak masuk logika karena orang yang menjanjikan sudah mati. Tetapi logika ceritanya masuk karena bisa saja si tokoh sebelum meninggal telah berpesan kepada saudaranya atau ada kekuatan gaib yang melakukan, dll.  Kebetulan penulis menawarkan ending cerita menggantung (cliffhanger) sebagaimana dua cerita lain yang menjadi pemenang.

FYI, untuk memenangkan sebuah lomba, cerita yang bagus saja tidak cukup!

Dan inilah pemenang lomba cerita misteri yang digelar sejak 18 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021.

Juara I mendapat hadiah Rp 300.000

Pinangan di Chai Wan Park

Juara II mendapat hadiah Rp 200.000

Nyalira

Juara III mendapat hadiah Rp 150.000

Ghost is Typing

Tiga cerita Pilihan masing-masing mendapat Rp 50.000

Pancen

Malam-Malam Zombi

Korban Pesugihan

Berhubung tidak ada tulisan yang memperoleh 300 view atau lebih, hadiah sebesar Rp 50.000 diberikan untuk cerita yang cukup menghibur:  Adinath

Selamat kepada para pemenang. silakan inboks nomor Gopay atau rekening bank melalui Grup Facebook Risalah Misteri atau WA untuk mendapatkan hadiahnya.

Terima kasih kepada seluruh peserta lomba. Nantikan lomba berikutnya.

Tetap semangat