Sini Tho, Mbak Dini!

Ewing HD Channel

Masih kuingat siang itu, sekitar tiga tahun lalu. Sambil meringis nakal, memegang HP, adikku menghampiri.

 

"Mbak Zi, coba deh lihat ini!" pintanya sambil menyodorkan HP.

 

Tanpa babibu, langsung kulihat layar HP milik adik bungsuku itu. 

 

***

 

Seorang YouTuber mulai menyampaikan rangkaian kalimat pembuka. YouTuber tersebut sedang berada di sebuah kamar dengan pencahayaan kuning temaram. Ternyata dia mengulas lima kisah horror berdasarkan kisah nyata, yang dikirim oleh para subscribers-nya.

 

Kisah pertama, datang dari subscribers-nya yang bernama Aziz. Si YouTuber mengulas foto ganjil kiriman Aziz. Foto tersebut diambil saat Aziz dan teman-temannya berwisata ke Cisarua dalam rangka perpisahan sekolah. Mereka berfoto bersama, dengan latar belakang bus yang mereka sewa. Setelah hasil jepretan foto diperhatikan dengan seksama, ternyata di dalam bus itu ada seorang anak perempuan yang duduk dekat jendela bangku belakang. Sosok anak perempuan itu melihat ke arah kamera. Aziz dan teman-temannya tidak kenal dengan sosok ganjil di foto itu. Tidak ada satu pun siswa di dalam bus. Semua sudah turun dan berfoto bersama. Siapa sosok itu? 

 

Kisah kedua, mengulas kiriman foto dari Hanifah yang ayahnya bekerja di salah satu rumah sakit di Cikarang. Sekitar jam 21.30 ayahnya Hanifah bersama temannya bertugas memeriksa semua ambulans yang sedang tidak beroperasi. Ayahnya Hanifah mendokumentasikan bagian dalam ambulans, satu per satu. Kemudian mengirim dokumentasi tersebut ke grup Whatsapp kerja, sebagai laporan. Namun, di salah satu foto ambulans, terdapat keganjilan. Tampak kepala tergantung di dinding mobil antara jendela sopir dan jendela tengah ambulans. Penampakan kepala itu, berambut kusut gondrong, berwajah merah gelap, bermata menyala. Kepala siapa itu?

 

Kisah ketiga adalah video kiriman Naufal. Video tersebut direkam oleh ayahnya yang mendokumentasikan kegiatan saudaranya Naufal yang sedang berlatih menyetir mobil. Lokasi latihan di lapangan cukup luas. Tak ada orang lain di lapangan tersebut. Namun, tetiba jelas terdengar suara tawa aneh di dekat ayahnya Naufal yang sedang merekam video. Suara tawa itu terdengar yang tidak biasa. Seperti bukan suara tawa manusia. Suara tawa siapakah itu?

 

Kisah keempat datang dari Nisa yang mengirimkan video Boomerang Instagram. Video tersebut merupakan dokumentasi salah seorang temannya yang akan mengikuti lomba ke luar kota. Agar tidak terjebak macet, teman Nisa dan timnya menginap di sekolah. Mereka berencana melakukan perjalanan tengah malam. Sekitar jam 21.30 Nisa ditelepon oleh temannya tersebut. Nisa diberitahu bahwa ada penampakan gaib di video Boomerang dokumentasi bersama tim lomba. Segera video itu dikirim pada Nisa. Dan memamg, tampak sosok Kuntilanak di belakang delapan siswi yang berpose di depan kamera. Apakah si Kunti juga ingin berfoto bersama?

 

Sampailah di kisah penutup, sebelum video si YouTuber berakhir. Kisah kelima datang dari Sigit yang memiliki tetangga, yang mengontrak di salah satu rumah. Mereka memiliki anak perempuan yang usianya sekitar 5-7 tahun. Suatu siang, anak tetangganya Sigit memainkan kamera depan HP ibunya. Di teras rumah, bocah perempuan itu asyik merekam dirinya sendiri sambil berceloteh, bernyanyi, dan melakukan hal-hal tidak jelas lainnya. Ya, khas bocah perempuan yang gemar disorot kamera. Setelah beberapa menit video terekam, tetiba bocah perempuan itu memanggil sosok gaib.

 

"Mbak Dini, sini tho, Mbak Dini!" ujar polos bocah perempuan itu. Tanpa ekspresi takut.

 

Selang 2-3 detik muncul sosok perempuan berbaju putih di dalam video. Sosok ganjil itu berambut panjang kusut. Ia melayang, masuk ke dalam rumah. Sangat jelas terlihat di video. Namun penampakannya dari sisi punggung Mbak Dini. Sontak bulu halus di belakang leherku berdiri. 

 

Awalnya kucoba untuk menepis, dengan mencurigai itu video rekayasa. Namun, tidak mungkin itu rekayasa. Yang memegang kamera adalah bocah perempuan yang polos. Suasana video seperti di desa daerah Jawa. Penampakan gaib itu jelas melayang masuk ke dalam rumah. Kepalanya nyaris menyentuh kusen pintu masuk. Wanita desa di Indonesia, adakah yang memiliki postur tubuh tinggi hingga nyaris kepalanya menyentuh kusen pintu? Jelas itu. melayang.

 

Di menit-menit sebelum berakhir. Si YouTuber menyampaikan bahwa Sigit memberitahu, sejak kejadian video Mbak Dini terekam, tetangganya tersebut pindah ke kontrakan lain. Berdasarkan pengakuan tetangga Sigit, suara tangisan wanita sering terdengar di rumah kontrakan itu.

 

***

 

Usai menonton video YouTuber itu, yang paling terbayang olehku adalah sosok gaib Mbak Dini. Sosok Mbak Dini seolah sangat nyata. Sejak itu, berbulan-bulan aku tidak berani memejamkan mata saat keramas, membilas shampo. Apabila memejam, lalu membuka mata lagi, khawatir tetiba wajah Mbak Dini muncul sangat dekat dengan wajahku. Saat rumah sedang sepi, terkadang aku khawatir bila Mbak Dini muncul di ruang tengah. 

 

Meskipun telah berlalu tiga tahun silam. Namun, saat kuputar ulang video YouTuber tersebut, tetap saja bulu halus di belakang leherku berdiri. Dan sosok Mbak Dini kembali terbayang-bayang. Aku memang penggemar film, video, dan bacaan horor. Namun, sosok Mbak Dini-lah yang terasa sangat nyata dan terbayang-bayang hingga hari ini. Cara untuk meredam bayangan sosok Mbak Dini dalam benakku, adalah menyibukkan diri.



 

Jakarta, 10 Juni 2021

 

 

#KisahNyata

#TipsMengatasiRasaTakut