Pemenang Lomba Menulis Cerpen Horor Remaja

Ilustrasi/Ist

Membaca 40-an karya peserta Lomba Menulis Cerpen Horor Remaja yang diselenggarakan sejak 20-31 Mei 2021, sungguh menghibur. Alur cerita yang mengalir, twist yang manis melengkapi kisah seputar dunia remaja dari sisi horor. Tidak ada karya yang buruk. Bahkan jujur, cukup sulit untuk menentukan pemenangnya.

Jika pun ada sedikit catatan yanag perlu disampaikan, masih seputar typo dan minimnya kebaruan ide dasar cerita. Kisah pertemuan tokoh dengan orang yang sudah meninggal, cukup mendominasi. Demikian juga tempat angker di lingkungan sekolah yang berasal dari bisik-bisik.

Ritme ketegangan yang dibangun cenderung satu tarikan dengan ending yang sudah diketahui sejak awa. Ini mungkin kelemahan paling mendasar. Suspense tidak terjaga karena plot yang datar.

Catatan lain, terkait tema. Ingat tema kita kali ini adalah horor remaja. Artinya horor menjadi titik sentral cerita. Ketakutan pembaca, baik saat membaca atau sesudahnya hingga terbawa tidur, belum ditemukan dari seluruh karya perserta lomba. Jika pun ada, ide ceritanya terlalu biasa dan sudah banyak ditulis dengan beragam versi. 

Beberapa karya yang secara teknik dan plot cerita cukup bagus, justru tergelincir menjadi cerita roman dan horornya sebatas tempelan cerita. Hambar dan kurang mencekam.  

Setelah dilakukan beberapa tahap penilaian, inilah pemenang Lomba Menulis Cerpen Horor Remaja:

Juara I mendapat Gopay senilai Rp 250.000

Patung Sang Dewi

Juara II mendapat Gopay senilai Rp 200.000

Unwanted Red String

Juara III mendapat Gopay senilai Rp 150.000

Geng Devil Penguasa SMU 387

Empat karya pilihan  masing-masing berhak mendapat Gopay Rp 50.000

Balas Dendam ke Haji Gofur

Pos 4

Absen Kelas Satu Enam

Pohon Beringin di Tepi Leuwi Orok

Karya dengan keterbacaan minimal 300 view sampai dengan penutupan lomba dan masing-masing berhak mendapat Rp 100.000

Mirada - Nada Kematian

Karya favorit pilihan anggota Grup Facebook Risalah Misteri mendapat Gopay Rp 100.000

Buku Bersampul Hitam  

Selamat kepada para pemenang. Silakan kirim nomor Gopay atau rekening bank untuk menerima hadiahnya melalui inboks FB Grup Risalah Misteri atau WA 081219202445.

Terima kasih untuk semua apeserta. Ikuti lomba menulis pengalaman rasa takut yang masih berlangsung (deadline 10 Mei 2021) dan lomba lain yang akan segera digelar.

Tetap semangat untuk berkarya. Patuhi protokol kesehatan karena kita masih pandemi Covid-19.

Salam bahagia.