Istana Dewi Lanjar di Pantai Widuri

Foto Dok.Pri

Sebagai warga asli Kota Pemalang, Jawa Tengah, saya bersama keluarga seringkali berkunjung ke Pantai Widuri, sebagai bagian dari Pantai Utara Jawa atau Pantura. Namun di sini sebutannya Pantai Kelincing dan terkenal angker karena sering memakan korban lelaki bujang yang tenggelam di lautan. Warga menyangkutpautkan peristiwa tersebut sebagai tumbal pesugihan Dewi Lanjar yang istananya terdapat di dasar Pantai Widuri.

Konon laki-laki bujangan yang sedang apes akan bertemu Dewi Lanjar dalam sosok wanita cantik bernama Lasih. Penampilannya layaknya penari. Berkebaya hijau, berkain jarik dengan selendang tepat di dada terdapat liontin besar menyala merah serta rambutnya digelung dengan tusuk konde emas.

Lasih kemudian mengajak pemuda malang itu menyisir pantai menuju sebuah pertunjukan tari. Setelah itu ia dibawa ke dasar laut menuju Istana yang megah. Baru setelahnya, wujud Lasih kembali ke sosok asli yakni Dewi Lanjar.

Pemuda tersebut akan berkeliling bersama dua dayang, bernama Cempaka dan Cantika. Mereka melewati jembatan yang dibuat dengan tubuh manusia terikat menggantung bagaikan jembatan layang. Saat diinjak oleh kaki Si pemuda akan mengeluarkan jeritan panjang memekik telinga. Sungguh pemandangan yang membuat nyali mengkerut. Siksaan demi siksaan terpampang jelas di setiap sudut ruangan yang luas. 

Bahkan salah satu tumbal Dewi Lanjar mendekat meminta tolong. Cempaka menjelaskan kepadanya, orang tersebut telah melanggar pantangan pesugihan. Bahwa harta yang ia dapatkan Sang ratu setengahnya harus disedekahkan pada lautan setiap malam purnama. Jika tidak ia harus menanggung resiko. Mendengar penuturan Dayang Cempaka, ia pun jatuh pingsan. Ketika sadarkan diri sudah berada di tepi pantai selama seminggu. 

Pesugihan Dewi Lanjar kebanyakan dari kalangan para penjabat yang ingin langgeng atau naik tingkat dalam masa jabatannya. 

Seperti yang diketahui warga sini, sebelum sampai ke Pantai Widuri ada jalan lurus yang memanjang hingga ke alun-alun Kota Pemalang juga dipercaya sebagai jalan dari bawah tanah yang menghubungkan dari Pendopo Kabupaten menuju Istana Dewi Lanjar. 

Cukup sekian fakta menarik tentang Istana Dewi Lanjar Pantai Widuri yang bisa saya ceritakan di Risalah misteri. Untuk lebih mengenal Kota Pemalang kalian bisa mengunjungi langsung tempat wisata Pantai Widuri, di Desa Tanjung Sari di Kota Pemalang, Jawa Tengah.

 

#wisataangker

#wisatamisteri

 

***

 

PML, 06-05-2021

@Aksara_Sulastri