Film Pesugihan dari Berbagai Negara

Ilustrasi/Ist

Jika film dipersepsikan sebagai visualisasi sepotong kehidupan suatu bangsa, maka kita akan tahu jika praktet pesugihan tidak hanya dikenal di Indonesia. Di negara-negara lain ritual mistis untuk mendapat kekayaan melalui perjanjian dengan makhluk halus juga masih ada hingga saat ini.     

Berikut film-film yang mengakat tentang ritual pesugihan dari Indonesia dan negara lain.    

1. Hereditary (2018)

Hereditary menguak misteri horor keluarga Annie (Toni Collette). Setelah ibunya meninggal, sejumlah teror tak kasatmata ditujukan ke Annie beserta suami, Steven (Gabriel Byrne), dan juga kedua anaknya, Peter (Alex Wolff) dan Charlie (Milly Shapiro).

Maka dari itu, Annie berinisiatif untuk menguak misteri keluarganya. Teror tersebut ternyata masih berhubungan dengan warisan masa lalu keluarganya. Teror demi teror pun menghampiri, mengganggu kedamaian rumah mereka. Rahasia dan sejarah mengerikan tentang nenek moyang keluarga Graham perlahan mulai terungkap, memaksa anggota keluarga yang tersisa menghindari nasib buruk yang terwariskan.

2. Ready or Not (201

Film Ready or Not menyorot ketegangan Grace (Samara Weaving) dalam tradisi keluarga Le Domas. Setelah menikah dengan sang kekasih, Alex (Mark O'Brien), Grace baru mengetahui fakta bahwa keluarga suaminya memiliki perjanjian dengan iblis bernama Le Bail. Perjanjian tersebut dilakukan untuk mendukung kesuksesan bisnis keluarga Le Domas.

Tony (Henry Czerny) menjelaskan bahwa Grace harus berpartisipasi dalam ritual ini sekaligus sebagai penyambutan dirinya yang menjadi anggota baru keluarga Le Domas. Setelah mendapat penjelasan dan akhirnya percaya kalau tradisi tersebut tidak mencurigakan, Grace pun menyetujuinya.

Dari sanalah Grace baru menyadari bahwa ia akan dijadikan korban tumbal selanjutnya.

3. Siccîn (2014)

Siccîn merupakan salah satu film horor terlaris asal Turki yang disutradarai Alper Mestci. Obsesi Aznur (Ebru Kaymakci) terhadap sepupunya, Kudret (Koray Sahinbas), sudah terlalu parah.

Aznur sebenarnya sudah diperingatkan oleh jin bahwa Kudret akan menjadi penyebab kematiannya, namun Aznur tidak peduli.

Dua belas tahun kemudian, Kudret telah memiliki istri bernama Nisa (Pinar Caglar Genctürk) dan dikaruniai seorang anak, Ceyda (Merve Ates).

Meski begitu, Aznur tetap saja mengejar Kudret. Sampai pada akhirnya, Kudret dengan tegas menolak Aznur karena ia merasa hubungannya dengan sepupunya ini salah. Aznur yang patah hati pun menemui Dukun Insan (Aydan Cakir) dan meminta sang dukun mengirim santet serta membunuh Nisa.

Tanpa Aznur ketahui, itulah titik mula kejadian buruk yang sempat diperingatkan oleh jin.

3, Gunung Kawi (2017)

Film Gunung Kawi disutradarai oleh Nayato Fio Nuala yang memang cukup aktif menggarap film horor Indonesia. Film ini menyorot kemistisan Gunung Kawi yang memang terkenal sebagai salah satu tempat ritual pesugihan.

Dibintangi salah satu aktor senior Indonesia, Roy Marten sebagai Pak Drajat, cerita bermula saat Pak Drajat berperilaku aneh layaknya orang stres. Keanehan ini disadari oleh anaknya, Ryan (Rayn Wijaya), serta keponakannya, Bella (Lawra Incha).

Mereka pun pada akhirnya mencari tahu penyebab keanehan Pak Drajat. Kebangkrutan pabrik rokok kebanggaannya diduga sebagai salah satu penyebab Pak Drajat stres. Namun, Ryan menemukan suatu kejanggalan saat melihat beberapa foto Pak Drajat bersama seorang kakek di area Gunung Kawi.

Dari situlah Ryan menduga bahwa ayahnya telah melakukan ritual pesugihan. Demi mencari jawaban terkait perilaku ayahnya, Ryan akhirnya berinisiatif untuk pergi ke Gunung Kawi.