Mengenal Hakekok dan Sekte Seks Bebas di Indonesia

Ilustrasi/Ist

Ritual mandi telanjang secara bersama yang dilakukan 16 orang di Pandeglang, Banten, disebut sebagai bagian ajaran  Hakekok. 

Konon sekte Hakekok juga mengajarkan seks bebas kepada anggotanya

Tujuannya untuk membersihkan diri dari segala dosa dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Saat ini polisi sudah mengamankan peserta mandi telanjang bersama di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang.

Menurut Wakapolres Pandeglang Kompol Riky Crisma Wardana, Kamis (11/3), total ada 16 orang yang diamankan, terdiri dari lima perempuan dewasa, delapan laki-laki, dan tiga anak-anak.

Sebenarnya sekte Hakekok di Pandeglang sudah ada sejak lama. Sekte ini merupakan variasi dari tasawuf namun menyimpang dalam melakukan ritual.

Hakekok juga sudag pernah dibubarkan oleh aparat kepolisian atas rekomendasi MUI Banten karena menyimpang dan sesat.

Tahukah Sobat Rimis, selain Hakekok, di Indonesia juga pernah ada beberapa sekte sejenis di antaranya: 

Titisan Syekh Malik

Sekte Titisan Syekh Malik ada di Majalengka yang dipimpin oleh Ben, yang mengaku merupakan titisan Syekh Malik. Ajaran Ben yang secara Islam dianggap sesat lantaran tidak melaksanakan sholat. Mereka cukup melaksanakan ritual di masjid pada sebuah tiang yang dibalut kain putih dan memperbolehkan anggotanya menikahi wanita yang telah memiliki suami.

Satria Piningit Weteng Buwono

Sekte ini didirkan oleh Agus Imam Solihin yang mengaku sebagai Imam Mahdi. Dia mengajarkan kepada pengikutnya untuk meninggalkan sholat, puasa dan menjalankan hubungan seksual bersama pasangannya secara bersama-sama dalam satu ruangan.

Agus sempat mendirikan padepokan di Bekasi sebelum kemudian pindah ke Jakarta Selatan. Atas desakan masyarakat yang resah dengan ajaranya, polisi pun menangkap Agus dan pengadilan menjatuhkan hukuman 30 bulan kurungan.

Children of God

Inilah sekte seks bebas yang paling dikenal. Sekta Children of Godpernah terjadi di Jakarta dan Bandung dan konon masih aktif dan berpindah-pindah.

Sekte ini sendiri berasal dari Amerika berdiri tahun 1968 oleh David Berg dan diterapkan di Indonesia. Namun sekte  Children of Godini pernah dilarang di Amerika sehingga berganti nama dari Children of God menjadi Family of Loves. Ajaran ini dinilai sesat karena memperbolehkan seks bebas sebagai bentuk kasih Allah.

Surga Adn

Sekte Surga Adn mempraktekkan ajaran penyucian dosa bagi para gadis dengan cara melakukan hubungan badan.

Sekte yang berpusat di Cirebon ini akhirnya terbongkar ketika polisi menangkap 9 pengikutnya.