Menempel Huruf Hokki Selama Imlek

Karakter "dao" (sumber: tionghoa.info)

Masih dalam suasana Imlek, kalau Anda jeli, pada beberapa rumah orang Tionghoa terdapat tempelan atau hiasan berupa huruf hokki. Hiasan ini terpasang dari mulai pintu rumah hingga di dalam rumah. Tujuan menempel huruf hokki di depan pintu adalah dengan harapan rejeki datang.

Apakah huruf hokki boleh ditempel terbalik ? Ada pihak yang mengatakan tidak boleh, namun ada pula yang mengatakan boleh, Karena karakter “dao” , bila ditempel terbalik akan dibaca “fu dao” yang artinya “keberuntungan memutar terbalik”. Jadi kalau ada karakter “dao” dan “fu dao” bersama, artinya keberuntungan akan berputar terus menerus. Bagi yang mengatakan tidak boleh, karakter hokki hanya boleh ditempel terbalik di tong air, tempat sampah, lemari, dan kandang binatang. Mana yang benar? Semuanya masih merupakan misteri.

Saat yang tepat menempel huruf hokki sebaiknya pada sore hari sehari sebelum Imlek mulai dari pintu depan, lalu ke dalam rumah dan terakhir pada tempat-tempat yang boleh ditempel terbalik, artinya rejeki dari luar masuk ke dalam rumah.

Sebenarnya karaker “dao” terdiri dari empat karakter, yaitu Tuhan / dewa, sawah, mulut, dan satu, yang artinya Tuhan atau Dewa menganugerahkan pada satu keluarga dengan sawah dan makanan yang berlimpah. Maka bila huruf hokki dipasang terbalik artinya rejeki tumpah. Dan karakter ini akan kehilangan makna.

Kapan tradisi menempel huruf ini dimulai ? Sejarahnya pada dinasti Ching pernah berkuasa raja Kang Shi (1654-1722). Suatu hari, ibunda raja sakit keras, karena dianggap sebagai putera langit, raja memohon doa kepada Tuhan dengan melakukan vegetarian (cia cai), tidak makan makanan berdaging selama tiga hari dan menulis huruf “dao” sebagai permohonan dengan harapan ibunya sembuh dari sakitnya. Rasa bakti raja ini kepada orang tuanya kemudian diikuti rakyatnya.

Rakyat ikut-ikutan menulis karakter “dao” di tiap rumah untuk mendapat rezeki di setiap Imlek yang sekaligus menyambut musim semi. Dan budaya ini berlanjut hingga hari ini.