Lomba Menulis Cerita Misteri Kategori Bebas

Ilustrasi/Ist

Umumnya, kritikus memasukan misteri sebagai genre yang terpisah dari horor  dan fantasi. Bahkan ada yang menyebut misteri hanya sub genre yang sejajar dengan thriller dan suspence.

Biarkan para kritikus membagi demikian. Risalah Misteri tidak menganut pemikiran tersebut. Karya fiksi misteri di Risalah Misteri adalah induk dari beberapa genre sekaligus yakni horor, fantasi dan thriller.

Misteri harus dimaknai sebagai karya yang mengandung salah satu atau semua unsur dari ketiga genre tersebut.

Artinya, misteri tidak sebatas dimaknai sebagai cerita mengerikan yang berkutat pada dunia gaib dan hantu ala urban legend, namun dapat juga berupa keindahan imajinasi penulisnya akan dunia lain seperi kisah Harry Potter dengan dunia sihirnya, Alice In Wonderland dengan dunia kecilnya di dalam pohon, atau The Lord of the Rings dengan makhluk Elf-nya.

Mengapa thriller juga bagian dari genre misteri? Kisah pembunuhan selalu menyisakan misteri yang acapkali di dalamnya berbalut dengan teka-teki, kengerian dan fantasi. Kisah pembunuhan berantai, misalnya, selalu berkaitan dengan dua hal tersebut.

Pemahaman misteri yang diusung Risalah Misteri dimaksudkan untuk memperluas cakupan pijakan dan merupakan bagian dari penolakan terhadap dikotomi misteri hanya sebagai cerita picisan yang mengeksploitasi ketakutan dan cabul.

Saat ini proses upgrade sejumlah fitur, terutama pemasangan fitur untuk menghimpun pendapatan penulis setiap bulannya, masih dalam tahap penyelesaian. Sambil menunggu, Risalah Misteri kembali menggelar lomba menulis misteri dengan tema bebas sesuai kategori yang ada, terutama Kisah Misteri, Catatan Kelam dan  Jelajah.

Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

Karya orisinal, tidak sedang diikutkan lomba, dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun baik online maupun offline, termasuk buku.

Panjang tulisan minimal 500 kata, memenuhi standar kepenulisan baku, dan menyertakan satu gambar ilustrasi dengan menyebutkan sumbernya.

Dilarang mengandung unsur kebencian, hujatan, kampanye kekerasan, serta eksploitasi SARA dan pornografi.

Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari 1 (satu) satu dan maksimal 3 (tiga) karya.

Kategori disesuaikan dengan tema tulisan.

Karya diposting di Risalah Misteri mulai tanggal 15 Februari – 1 Maret 2021 dengan mencantumkan hashtag cerita misteri (#ceritamisteri) di bawah tulisan (bukan di kolom tag).

Pemenang diumumkan di Risalah Misteri tanggal 5 Maret 2021

Keputusan juri final dan mengikat

Seluruh peserta diharapkan ikut mempromosikan pengumuman ini melalui akun media sosialnya.

Hadiah:

Juara I Rp 350.000

Juara II Rp 250.000

Juara III Rp 150.000

3 Karya Pilihan mendapat Gopay masing-masing senilai Rp 50.000

Selamat berkaya, dan jadilah pemenang.